Singaraja – Sebagai implementasi kerja sama antara Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial (FHIS) Universitas Pendidikan Ganesha dengan Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian, dan Statistik (Kominfosanti) Kabupaten Buleleng telah diselengarakan kegiatan Forum Konsultasi Publik Standar Pelayanan. Forum Konsultasi Publik dengan tema, “Optimalisasi Standar Pelayanan Dinas Kominfosanti Guna Meningkatkan Layanan Publik menuju Buleleng PATEN” dilaksanakan secara langsung pada hari Selasa (25/11/2025) di Ruang BCC Dinas Kominfosanti Kab. Buleleng.
Kegiatan Forum Konsultasi Publik dihadiri oleh Kepala Dinas Kominfosanti Kabupaten Buleleng, Made Suharta, S.Kom., M.A.P. Pada kesempatan tersebut, Made Suharta, menyampaikan bahwa forum ini menjadi ruang berdiskusi untuk menghimpun masukan dari berbagai instansi dalam penyusunan 20 standar pelayanan yang menjadi pedoman kerja Dinas Kominfosanti yang mencakup berbagai bidang, mulai dari layanan CSIRT Buleleng, layanan internet gratis untuk masyarakat, hingga layanan penyebarluasan informasi melalui kanal media sosial.
Selanjutnya, Dekan FHIS Undiksha, Prof. Dr. I Nengah Suastika, S.Pd., M.Pd. sekaligus Ketua Tim Survei Kepuasan Masyarakat memaparkan hasil Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) terhadap pelayanan Dinas Kominfosanti Kabupaten Buleleng. Prof. I Nengah Suastika menyampaikan bahwa survei kepuasan masyarakat menjadi indikator penting untuk mengukur kualitas layanan publik. Menurutnya, hasil survei bukan sekadar angka, tetapi menjadi dasar penting untuk perbaikan layanan dan penyesuaian kebutuhan pengguna. “Setiap tahun indeks kepuasan masyarakat wajib dilakukan untuk memastikan layanan sesuai harapan, sekaligus menjadi bahan evaluasi memperbaiki kinerja. Nilai dan pandangan masyarakat menjadi dasar penyempurnaan SOP agar pelayanan benar-benar sesuai standar,” ujarnya.
Selain itu secara daring, kegiatan forum tersebut juga dihadiri oleh seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Buleleng guna menjangkau partisipasi yang lebih luas.
Melalui hasil Forum Konsultasi Publik ini menunjukkan bahwa pelayanan yang diberikan oleh Dinas Kominfosanti Kabupaten Buleleng berada pada kategori baik serta diharapkan dapat terus ditingkatkan guna mewujudkan pelayanan publik yang semakin optimal dan profesional menuju Buleleng PATEN.










