Dosen FHIS Melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat Tentang Pendampingan Hukum Kepada Siswa SMP Negeri Satu Atap 2 Sukasada Untuk Mencegah Terjadinya Kekerasan Seksual di Kalangan Remaja.

  Publish 14 Juni 2024       Wiardi 

Singaraja | 14 Juni 2024

Dosen Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial (FHIS) yaitu Dr. Ni Putu Rai Yuliartini, S.H., M.H. melaksanakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Tentang Pendampingan Hukum Kepada Siswa SMP Negeri Satu Atap 2 Sukasada Untuk Mencegah Terjadinya Kekerasan Seksual di Kalangan Remaja, dimana kegiatan ini merupakan rangkaian dengan kegiatan Modul Nusantara Kelompok Srikandi. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Dekan 1 FHIS, Prof. Dr. Dewa Gede Sudika Mangku, S.H., LL.M.

Dalam kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini menghadirkan narasumber yaitu Bapak I Gede Karang Anggayasa, S.H. M.H. beliau Hakim di Pengadilan Negeri Situbondo. Kekerasan seksual merupakan salah satu permasalahan serius yang menjadi keprihatinan bersama di masyarakat. Kasus kekerasan seksual terhadap anak hingga remaja masih marak terjadi di Kabupaten Buleleng. Melihat persoalan tersebut, diperlukan upaya untuk mencegah terjadinya kekerasan seksual melalui program pengabdian kepada masyarakat di SMP Negeri Satu Atap 2 Sukasada. Dipilihnya SMP Negeri Satu Atap 2 Sukasada didasari atas permasalahan minimnya pemahaman siswa mengenai hukum serta penyebab, dampak, dan cara mencegah terjadinya kekerasan seksual di kalangan remaja.

Tujuan dilaksanakannya program pengabdian kepada masyarakat ini untuk: (1) memberikan pemahaman tentang hukum sejak dini kepada siswa SMP Negeri Satu Atap 2 Sukasada; (2) meningkatan kesadaran hukum sejak dini bagi siswa SMP Negeri Satu Atap 2 Sukasada; dan (3) mencegah terjadinya kekerasan seksual di kalangan remaja. Sedangkan untuk manfaat pelaksanaan program tersebut yaitu tercapainya apa yang menjadi tujuan pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan ini merupakan salah satu capaian Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial Undiksha dalam mengembangkan pendidikan berkualitas sebagai poin ke 4 dalam Sustainable Development Goals (SDGs)

Kategori: 

Kata Kunci: 

    Publikasi Terkait: