Untuk Pertama Kalinya Jurnal FHIS Ganesha Law Review Di Submit Ke Scopus

  Publish 31 Mei 2024       Wiardi 

Singaraja 31 Mei 2024

Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) menggelar workshop dan pendampingan jurnal di Hotel Sunari Lovina, Selasa (28/5/2024). Kegiatan ini dalam rangka mempersiapkan jurnal Undiksha menuju Indeksasi Scopus.
Kegiatan dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kerjasama Undiksha Prof. Dr. Gede Rasben Dantes, S.T., M.T.I. Ia menyampaikan penyediaan jurnal di masing-masing Universitas adalah sebuah wadah untuk bisa mempublikasikan hasil-hasil riset yang telah dilakukan, baik oleh dosen maupun mahasiswa. Saat ini Undiksha memiliki 128 jurnal. Sebanyak 25 jurnal diantaranta sudah terindeks SINTA 2. Undiksha terus berupaya mengoptimalkan pengelolaan jurnal sehingga dapat terus naik kelas. Salah satu targetnya adalah jurnal yang sudah terindeks SINTA 2 dapat naik menjadi terindeks Scopus. “Sehingga diharapkan melalui kegiatan ini, para narasumber dapat memberikan sharing pengetahuan dan pengalamannya serta kiat-kiat untuk bisa tembus ke indeks Scopus,” harapnya.

Narasumber yang dihadirkan pada kegiatan ini, Dr. Evi Widowati, S.KM., M.Kes., dengan materi terkait manajemen dan tata kelola jurnal di tingkat Universitas dan sistem penjaminan mutu jurnal; Ridwan Arifin, S.H., LL.M., dengan materi terkait dengan strategi sukses submission ke Scopus, dan Yoris Adi Maretta, M.Pd dengan materi langkah-langkah submission ke Scopus. Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala dan Sekretaris LPPM Undiksha, Editor in Chief dan tim IT masing-masing fakultas.

FHIS memiliki lebih dari 23 jurnal yang tersebar dalam beberapa prodi dan fakultas, dalam kegiatan ini terdapat 3 jurnal dari FHIS diundang untuk mengikuti kegiatan ini. Adapun 3 jurnal itu yaitu Ganesha Law Review dengan Chief Editor Dr. Ni Putu Rai Yuliartini, S.H., M.H., Jurnal Komunikasi Hukum dengan Chief Editor Prof. Dr. Dewa Gede Sudika Mangku, S.H., LL.M dan Jurnal Komunitas Yustisia (Jatayu) dengan Chief Editor I Putu Dwika Ariestu, S.H., M.H. Setelah dilihat oleh Tim Pengembangan Jurnal UNNES yang layak untuk disubmit ke Scopus hanya Ganesha Law Review.

Hal ini menjadi pengalaman pertama di FHIS bahwasanya ada jurnal yang disubmit ke Scopus, tentu hal ini akan menjadi pembelajaran kedepan kepada pengelola jurnal di FHIS untuk terus belajar dan mengelola jurnal secara professional untuk mengejar IKU serta memiliki kualitas jurnal yang baik dan jurnal bereputasi.

Kegiatan ini merupakan salah satu capaian Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial Undiksha dalam mengembangkan pendidikan berkualitas sebagai poin ke 4 dalam Sustainable Development Goals (SDGs)

Kategori: 

Kata Kunci: 

    Publikasi Terkait: