Bimbingan Teknis “Tata Kelola jurnal Menuju Sinta 2” Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial Universitas Pendidikan Ganesha

  Publish 10 April 2023       Wiardi 

Singaraja. Dalam rangka meningkatkan pengelolaan jurnal di tingkat fakultas, Senin (10/4), Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial, Universitas Pendidikan Ganesha mengadakan Bimbingan Teknis Pengelolaan Jurnal. Kegiatan bimbingan teknis pengelolaan jurnal ini digelar secara hybrid. Bimbingan teknis ini dihadiri oleh peserta yang terdiri dari para dosen yang sudah mengelola jurnal di tingkat fakultas serta para dosen muda di lingkungan FHIS Undiksha.
Kegiatan bimtek yang digelar di Ruang Seminar FHIS Undiksha ini dibuka oleh Wakil Dekan I FHIS, Dr. I Nengah Suastika, S.Pd. M.Pd. Dalam kegiatan bimtek ini juga Wakil Dekan I FHIS didampingi oleh Dekan FHIS, Prof. Dr. Sukadi, M.Pd., M.Ed serta Wakil Dekan III FHIS, I Putu Ananda Citra, S.Pd., M.Sc.. Selain itu hadir pula dalam kegiatan tersebut, Dr. Made Sugi Hartono, S.H., M.H. selaku Ketua Panitia dalam kegiatan Bimbingan Teknis ini.
Pada acara inti, kegiatan bimtek dengan tema, “Tata Kelola Jurnal Menuju Sinta 2” menghadirkan beberapa narasumber yang pada kesempatan tersebut dapat hadir secara daring. Pemaparan materi pertama oleh Yoga Dwi Arianda, S.T. yang merupakan staf dari Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat. Dalam pemaparannya, Beliau selaku Koordinator Jurnal dan Publikasi Ilmiah menyampaikan Pengelolaan Jurnal harus sesuai dengan Pedoman Akreditasi Jurnal Ilmiah. Setelah itu, dilanjutkan dengan Narasumber Kedua, yaitu Prof. Amirul. Mukminin, S.Pd., M.Sc.Ed., Ph.D. Dalam pemaparan materinya, Beliau yang merupakan salah satu dosen dari Universitas Jambi menyampaikan secara detail terkait kriteria artikel sebagai syarat guru besar dan indikator jurnal predators bahkan setelah terindeks Scopus. Selama jalannya kegiatan, Bimbingan Teknis ini didampingi oleh seorang moderator yang merupakan salah satu dosen dari FHIS Undiksha, yaitu A. Sediyo Adi Nugraha, S.Si., M.Sc. Pada saat sesi diskusi, beberapa dosen FHIS juga menyampaikan beberapa pertanyaan termasuk kendala yang ditemukan yang berkaitan dengan pengelolaan jurnal.
Pada akhir acara, Dekan FHIS, Prof. Dr. Sukadi, M.Pd., M.Ed. berkesempatan memberikan sambutan dan mengapresiasi terhadap kegiatan termasuk narasumber yang hadir sekaligus memberikan piagam penghargaan secara simbolis.

Kategori: 

Kata Kunci: 

    Publikasi Terkait: